Jumat, 27 Desember 2013

BIBIT BAWANG MERAH LANGKA

Petani bawang merah di Kabupaten Brebes kelabakan karena langkanya bibit bawang untuk mereka tanam. Mereka berharap pemerintah setempat memberikan solusi agar kelangkaan bibit bawang merah tidak mereka alami berlarut-larut.
 
  Salah satu petani bawang merah di Desa Wangandalem, Kecamatan Brebes, Sugito, mengatakan, bibit bawang diakuinya mengalami kelangkaan sejak sepekan terakhir. Kelangkaan terjadi akibat petani menjual seluruh hasil panennya. Sehingga mereka kelabakan begitu hendak menghadapi masa tanam bawang.
 
“Bibit bawang merah sekarang langka. Kelangkaan lantaran seluruh hasil panen telah kami jual,” katanya ditemui di Kabupaten Brebes,
Kondisi demikian membuat petani berinisiatif untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk menyiapkan bibit. Hal itu dilakukan supaya kondisi kelangkaan tidak terus menerus mereka alami.
 


“Kami siapkan lahan untuk menyiapkan bibit, sebab masa tanam bawang akan kembali dilakukan petani pada Oktober dan November 2013,” ujarnya.
 
Petani sangat berharap pemerintah bisa menyediakan bibit bawang. Sebab, petani bawang berbeda dengan petani padi. Kalau petani padi tidak perlu risau karena bibit padi tersedia banyak di sejumlah tempat. “Petani padi tidak repot soal bibit,” tegasnya.
 
Terlebih, selain bibit langka, harga bibit juga melambung tinggi yakni Rp65.000 per kilogram. Sebelumnya, harga bibit hanya Rp45.000 per kilogram.
 
Dijelaskannya,  untuk satu petak lahan (830 meter persegi), petani rata-rata membutuhkan dua kuintal bibit. Dengan demikian, untuk menanam,mereka harus merogoh koceknya lebih dalam yakni Rp13 juta. “Tadinya hanya Rp9 juta,” ujarnya.


sumber : http://economy.okezone.com/read/2013/08/23/320/854591/bibit-bawang-merah-langka



1 komentar:

  1. saya banyak stok bibit bawang merah varietas bima brebes. barangkali ada yang berminat.
    nama saya abdul malik maulana.
    alamat jl samratulangi rt:04 rw:09 kelurahan pasarbatang brebes. no hp 085600336888.
    berapapun jumlahnya akan saya layani. Insha Alloh amanah dan profesional.
    dijamin kualitas bibit bagus. tinggal pilih yang berlabel atau non label.
    terima kasih

    BalasHapus